Unit yang paling penting adalah CPU
(Central Processing Unit) yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang
lain, dan mengubah input menjadi output.
CPU mencakup satu unit penyimpanan
yang disebut PRIMARY STORAGE, yang berisi data yang sedang diolah, yaitu suatu
daftar instruksi yang mengolah data.
Istilah Software digunakan untuk
menggambarkan satu atau beberapa program aplikasi.
Control Unit, membuat unit bekerja
sama untuk membentuk suatu sistem.
Aritmatic Logical Unit, tempat
berlangsungnya operasi perhitungan dan logika.
Nama Processor, digunakan untuk
menggambarkan isi Control Unit dan ALU yang mengolah isi “Penyimpanan Primer”.
Karena Penyimpanan Primer terbatas
kapasitasnya, diperlukan suatu area penyimpanan tambahan, yang disebut dengan
“Penyimpanan Sekunder”, yang menyediakan tempat untuk menyimpan program dan
data saat tidak diperlukan.
Program yang di simpan : Software Libraly
Data yang di simpan : Database
Hasil pengolahan data tersebut di catat oleh Unit Output
Program yang di simpan : Software Libraly
Data yang di simpan : Database
Hasil pengolahan data tersebut di catat oleh Unit Output
BENTUK PENYIMPANAN PRIMER
1.
R.A.M (Random
Access Memory), untuk menyimpan software dan data. Memungkinkan operasi
baca maupun tulis, tetapi juga disebut VOLATILE, isinya hilang saat listrik
dimatikan.
2.
R.O.M
(Read-Only Memory)
, jenis khusus penyimpanan primer yang dapat dibaca tetapi tidak dapat ditulis.
R.O.M menyimpan material seperti instruksi-instruksi yang memberitahukan
komputer, apa yang harus dilakukan saat dinyalakan. Bersifat NON VOLATILE,
isinya tidak terhapus saat listrik dimatikan.
3.
Cache
Memory,
perpindahan instruksi program dan data antara Penyimpanan Primer dan Processor
(Control Unit dan ALU) dicapai pada kecepatan yang sangat tinggi. Sejumlah
komputer mampu mencapai kecepatan yang sangat tinggi dengan menyertakan RAM
khusus yang sangat cepat dan sangat mahal yang ditempatkan antara RAM biasa dan
Processor. RAM jenis ini dikenal dengan istilah Cache Memory.
ALAT - ALAT INPUT
1.
Unit
input yang paling popular adalah Keyboard.
2.
Alat
Penunjuk (Pointing Device) :
o
Mouse
; suatu alat kecil dan ringan yang pas dengan telapak tangan. Dihubungkan ke
komputer dengan suatu kabel.
o
Track
Ball ; suatu alat penunjuk yang serupa dengan mouse kecuali bolanya berada
diatas dan bukan dibawah. User dapat menggerakkan kursor hanya dengan memutar
bola tanpa memindahkan seluruh alat tersebut.
o
Touch
Screen ; memungkinkan user memasukkan data atau instruksi hanya dengan
menyentuh satu lokasi dilayar dengan menggunakan jari.
o
Light
Pen ; digunakan untuk menunjuk layar seperti pada touch screen. Saat pena
digerakkan, suatu sinyal elektronik dikirimkan melalui kabel ke komputer
sehingga sinyal tersebut dapat diinterpretasikan oleh program.
o
Remote
Control ; user dapat berkomunikasi dengan komputer seperti kita mengatur TV
dengan menggunakan remote control.
3.
Alat
Pembaca Optis
Alat input yang membaca
data dengan menyinari sinar terang diatas data. Co.
: Scanner Barcode.
4.
Alat
Pembaca Magnetis. Co. ATM.
5.
Alat
Input Pengenal Suara
Memasukkan perintah atau
data ke komputer dapat dilakukan hanya dengan berbicara kedalam mikrofon yang
dihubungkan pada unit pengenal suara, kemudian menganalisis pola suara dan
mengubahnya menjadi bentuk digital untuk diproses.
ALAT – ALAT OUTPUT
Hasil akhir dari pemrosesan komputer
berupa Output.
1.
Alat
Output Tampilan ;
Yang paling popular bagi
user adalah Monitor. Monitr digunakan oleh komputer semua ukuran.
2.
Alat
Ouput Cetakan ;
Printer menghasilkan
output salinan kertas.
3.
Alat
Output Suara ;
Speech Output Unit dapat
memilih serangkaian suara digital untuk membentuk output komputer bersuara yang
dapat langsung ditransmisikan melalui saluran komunikasi.
4.
Plotter
;
Alat output khusus ini
dirancang untuk user yang membutuhkan output grafik. Output grafik membutuhkan
perangkat keras yang sesuai. 3 jenis alat yang dapat menghasilkan output grafik
: Printer, Plotter, Monitor.
Alat input dan output menyediakan
hubungan komunikasi anatara manajer dan komputer untuk memecahkan masalah guna
pengambilan keputusan yang efektif dan efisien.
SOFTWARE
1. System Software ; melaksanakan
tugas-tugas dasar tertentu yang dibutuhkan user.
- Sistem Operasi, mengelola proses
komputer yang berfungsi sebagai interface antara user, software dan
hardware.
- Program Utility, memungkinkan
user untuk mengcopy, menghapus, mengurutkan isi file, menggabungkan 2 file
atau lebih dan mengendalikan arus data antara user dan komputer.
- Language Translator,
v
Bahasa
generasi pertama (Bahasa Mesin) ;
Program ini dalam bahasa
pemrograman dan diterjemahkan kedalam bahasa mesin sebelum dijalankan.
Program yang ditulis
(Source Program).
Program yang dijalankan
(Object Program).
Software yang
menterjemahkan Source menjadi Object disebut Translator.
v
Bahasa
generasi kedua (Assembler) ;
Kelemahannya :
berbeda-beda untuk setiap jenis CPU, jadi jika suatu perusahaan ingin mengganti
komputer denga yang baru, semua program harus ditulis ulang.
v
Bahasa
generasi ketiga (Compiler dan Interpreter) ;
Yang populer : COBOL,
FORTRAN dan BASIC.
Compiler menghasilkan
program dalam suatu object program lengkap dalam satu proses, lalu dijalankan.
Contohnya bahasa pemrograman COBOL. Interpreter sebaliknya, menterjemahkan
instruksi bahasa sumber dan melaksanakannya sebelum berpindah ke instruksi
selanjutnya.
Program Basic yang sering
diterjemahkan Interpreter.
v
Bahasa
generasi keempat (4th GL) ;
Bersifat user friendly
sehingga memberikan kemudahan bagi user.
2.
Software Aplikasi ; membantu pengelolaan sumber daya fisik dan konseptual. Hal
ini ditempuh dalam 2 cara, yaitu :
a. Membuat program sendiri (custom programming), Sebagisn besar
perusahaan yang menggunakan computer besar memiliki staf spesialis informasi
sendiri. Tugas para spesialis ini merancang system berbais computer yang
memenuhi kebutuhan unik perusahaan. Produk mereka adalah koleksi perangkat
lunak (software library) dari program
pesanan (custom program).
b. Membeli paket jadi (prewritten package).Contoh : Groupware,
sistem surat
elektronik, sistem manajemen proyek, paket analisis statistic & perkiraan (forecasting), word processor, spread
sheet elektronik, paket2 grafik dan sistem desktop publishing.
Walaupun sistem berbasis komputer
tidak kebal terhadap kesalahan, akurasi tingkat tinggi dapat dicapai dengan memasukkan
pencegahan, pendeteksian, perbaikan kesalahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar