My God, there are so many things to do and I feel overwhelmed. I pray for the right perspective and a calm disposition that I may do all things with the right attitude at the right time.

Kamis, 18 Oktober 2012

Pengertian Perencanaan (Manajemen)


  Proses perencanaan adalah menentukan pembangunan atau perbaikan produk atau proyek. Kegiatan ini mencakup penggunaan waktu, operasi dan sumber daya manusia dan ekonomi yang diperlukan, termasuk urutan dan waktu pelaksanaan, dan rincian yang saling ketergantungan sumber daya dalam tindakan. Perencanaan biasanya dilakukan dengan menggunakan pengetahuan yang didapat dari pengalaman sebelumnya (dari perencana atau orang lain), mencoba untuk mengantisipasi kebutuhan masa depan dan persiapan dalam sebuah organisasi.

Perencanaan (Bahasa Indonesia) atau Planning (Bahasa Inggris) adalah bagian dari manajemen atau administrasi yang memungkinkan untuk melihat realitas, untuk mengevaluasi cara-cara untuk membangun referensi di masa mendatang, penataan proses yang tepat dan mengevaluasi ulang seluruh proses perencanaan yang dimaksudkan. Perencanaan disusun untuk mejacapi gol atau tujuan yang diharapkan.

Beberapa tindakan memerlukan perencanaan, tetapi banyak yang tidak. Dalam kegiatan sehari-hari, kita selalu bertindak, dan mengantisipasi hasil dari tindakan kita, meskipun kita tidak sepenuhnya menyadari antisipasi ini. Tapi lebih sering dari yang direncanakan, secara eksplisit, tindakan kita, kita jarang menyadari bahwa kita menjalankan proses pertimbangan sebelum tindakan. Setelah kita sadar dari suatu tindakan, atau ketika dijalankan perilaku terlatih yang rencana sebelumnya telah disimpan, atau ketika suatu tindakan dapat disesuaikan secara bebas ketika sedang berjalan, maka biasanya bertindak dan menyesuaikan tindakan kita tanpa perencanaan mereka secara eksplisit.
Suatu kegiatan direncanakan memerlukan pertimbangan ketika berubah menjadi situasi baru atau tugas dan tujuan ketika menghitung dengan tindakan kompleks atau asing. Perencanaan juga diperlukan bila adaptasi tindakan dibatasi, misalnya, lingkungan kritis yang melibatkan risiko tinggi atau biaya tinggi, untuk suatu kegiatan dalam kemitraan dengan orang lain, atau kegiatan yang perlu disinkronkan dengan sistem dinamis. Karena perencanaan adalah proses yang sangat rumit, yang mengkonsumsi banyak waktu dan uang, kita terpaksa hanya ketika perencanaan benar-benar diperlukan atau saat manfaat x biaya mengharuskan kita untuk merencanakan. Juga, biasanya, kita hanya biasa baik dan layak daripada rencana yang optimal.

Perencanaan penting untuk dipahami sebagai proses siklus dan penentuan praktis dari rencana, yang menjamin kontinuitas, ada situasi umpan balik yang konstan, proposal, solusi dan hasil, dengan demikian memberinya momentum, berdasarkan multidisiplin, interaktif, dalam proses yang terus menerus pengambilan keputusan.

Sumber: http://id.shvoong.com/business-management/international-business/2293396-pengertian-perencanaan-manajemen/#ixzz29eTs05QK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar