My God, there are so many things to do and I feel overwhelmed. I pray for the right perspective and a calm disposition that I may do all things with the right attitude at the right time.

Senin, 04 Februari 2013

Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM)

Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM)

Suatu organisasi tidak bisa menunggu orang – orang yang mereka butuhkan untuk posisi tertentu. Mereka harus merencanakan kebutuhan dan memutuskan dimana menemukan orang – orang yang dicari di masa depan. Perencanaan personalia termasuk dalam hal ini diperlukan untuk menyediakan macam dan jumlah karyawan yang dibutuhkan dalam pencapaian organisasi.



Ada 3 bagian perencanaan personalia :

  1. Penentuan jabatan yang harus di isi, kemampuan karyawan yang dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut.
  2. Pemahaman tenaga kerja dimana karyawan pontesial ada.
  3. Pertimbangan kondisi permintaan dan penawaran karyawan.





Ada dua kegiatan dalam sistem perencanaan sumber daya manusia, yaitu:

  1. penyusunan anggaran tenaga kerja (manpower budgeting)
  2. penyusunan program tenaga kerja (man powerprogramming).               



Penyusunan Personalia Organisasi

Penyusunan personalia adalah fungsi manajemen yang berkenaan dengan penarikan, penetapan, pemberitahuan latihan, dan pengembangan anggota-anggota organisasi. Dalam bab ini akan dibahas bagaimana organisasi menentukan kebutuhan sumber daya manusia sekarang dan di waktu yang  akan  datang.

Kegiatan-kegiatan penyusunan personalia sangat erat hubungannya dengan tugas-tugas kepemimpinan, motivasi, dan komunikasi, sehingga pembahasannya sering ditempatkan sebagai bagian dari fungsi pengarahan. Tetapi fungsi ini berhubungan ert dengan fungsi pengorganisasian, dimana pengorganisasian mempersiapkan ” kendaraan ”-nya dan peyusunan personalia mengisi ” pengemudi ”-nya yang sesuai gengan posisi kerja yang ada. Akhirnya, fungsi penyusunan personalia harus dilaksanakan oleh semua manajer, baik mereka mengolah perusahan besar ataupun menjadi pemilik perusahan kecil.




referensi:
http://lbnyoman.blogspot.com/2011/01/proses-penyusunan-personalia.html
http://dillahexclusive.blogspot.com/2010/12/proses-penyusunan-personalia.html
http://muhammadkhadapi.blogspot.com/2010/12/pemberian-kompensasi-kepada-karyawan.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar